Bioskop Mulai Dibuka Besok di Jakarta Saat PPKM, Warga: Lebih Ketat dari Kafe

Reporter:
Editor:

Dwi Arjanto

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Ilustrasi Bioskop. shutterstock.com

    Ilustrasi Bioskop. shutterstock.com

    TEMPO.CO, Jakarta – Mulai tanggal 16 September 2021 besok, bioskop di Jakarta akan mulai beroperasi kembali.

    Keputusan tersebut diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2021, yang tertera bahwa bioskop dapat buka hanya pada wilayah yang memiliki status PPKM Level 3 dan 2. Yang mana saat ini Jakarta masih masuk ke dalam status PPKM Level 3 dalam masa perpanjangan PPKM per tanggal 14-20 September 2021.

    Beroperasi kembalinya bioskop di Jakarta pun disampaikan oleh Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djonny Syafruddin. Tentunya, keputusan pembukaan bioskop tersebut telah disepakati pada rapat antara GPBSI dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

    Diwajibkan pula bagi para pengunjung dan pegawai bioskop untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta sudah divaksinasi minimal dosis pertama sebagai penerapan protokol kesehatan guna memasuki bioskop.

    Vina, seorang mahasiswi Ilmu Komunikasi yang merupakan  warga DKI  Jakarta ikut menanggapi perihal pembukaan bioskop pada esok hari.

    “Kalau gue pribadi gak ada masalah ya sama bukanya bioskop, toh keisinya cuma 50 persen dan masuk harus pake aplikasi PeduliLindungi yang minimal harus dosis satu vaksin, jadi ketakutannya (terhadap penularan virus) berkurang. Ya walaupun begitu tetap patuh protokol aja sih intinya, jaga diri jangan lengah. Karena jujur aja sebagai penikmat film kangen banget buat bisa ke bioskop lagi, walaupun di rumah sedia Netflix juga rasanya beda,” sebut Vina kepada Tempo, Rabu 15 September 2021.

    Vina pun turut membandingkan mengenai protokol kesehatan yang diterapkan pada bioskop dan kafé yang berbeda.

    “Dan kalo dibandingin café dan bioskop, jujur lebih ketat prokes pas nonton, di café liat pelanggan lain buka masker, nongkrong juga lama dan tanpa sekat,” kata dia saat dihubungi.

    Lain lagi dengan pertanyaan Luthfia seorang pelajar asal Jakarta, yang menyampaikan masih memiliki rasa ketakutan terhadap penularan virus Covid-19 di dalam bioskop.

    “Kalau aku sih masih takut ya sama penularan virus, tapi pengen ke bioskop,” terang Luthfia.

    Bagi Atia, seorang mahasiswi yang berdomisili di Jakarta bahwa pembukaan bioskop menjadi hal yang biasa saja.

    “Sebetulnya biasa-biasa saja sih kalau bioskop memang sudah dibuka nanti, soalnya belum pengen pergi ke mall juga kalau engga ada hal yang mendesak,” ujarnya pada Tempo.

    YULIANTI PUTRI ZELITA

    Baca juga: Disegel Satpol PP, Pengelola Karaoke Venesia BSD Minta Maaf


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    PTM Lahirkan Klaster Covid-19 di Sekolah, 3 Provinsi Catat Lebih dari 100 Gugus

    Kebijakan PTM mulai diterapkan sejak akhir Agustus lalu. Namun, hanya anak 12 tahun ke atas yang boleh divaksin. Padahal, PTM digelar mulai dari PAUD.